Jadi Muslim Harus Kuat


Bismillah. Sejatinya seorang Muslim itu harus kuat. Kuat dalam Keyakinan. Berarti aqidah dan keimanannya harus sangat kokoh dan matang. Tentu saja ini didapat dengan menuntut ilmunya. Sedari kecil seorang anak harus dipahamkan tentang ilmu ini. Sehingga ketika dia sudah baligh dia sudah memiliki pondasi yang sangat kuat dalam rangka menjalani kehidupan dunia yang penuh fitnah, terlebih diakhir zaman seperti sekarang ini.

Kuat dalam fisik, hal ini dapat diraih dengan menjaga kesehatan, berolahraga. Sehingga bisa beribadah dengan maksimal, berkarya dan berbuat, bermanfaat kepada manusia dengan produktif.

Kuat dalam kondisi Hati. Yakni bersabar dan bersyukur atas semua yang terjadi di dunia ini. Karena apa yang terjadi didunia ini baik yang menimpa kita atau bukan terjadi atas kehendak Allah Ta’ala. Dan itu pasti yang terbaik yang terjadi. Walau menurut pandangan kita buruk. Karena kita tidak selalu tahu apa hikmah dibalik semuanya. Allah yang Maha Tahu. Jadi hati yang kuat itu Bersyukur atas nikmat yang didapat, dan bersabar atas ujian/musibah/masalah yang didapat. Sembari berusaha, berdo’a dan bertawakkal kepada Allah Ta’ala untuk menyelesaikannya.

Yendri Ikhlas Fernando

Duri, 21-9-19 / 21-1-1441

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s