Mengenal TOEFL


Bismillah.
TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language. Secara harfiah bisa diartikan Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Luar Negeri. Artinya standarisasi atas kemampuan berbahasa inggris seseorang yang digunakan untuk kepentingan tertentu seperti melamar beasiswa baik dalam maupun luar negeri, melamar pekerjaan baik dalam maupun luar negeri dan keperluan lainnya. Mengapa ini diperlukan? karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Selain bahasa inggris juga ada 5 bahasa internasional lainnya yang diakui secara resmi oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau United Nations yakni Bahasa Arab (Arabic), Bahasa Mandarin (Chinese), Bahasa Prancis (French), Bahasa Rusia (Russian) dan Bahasa Spanyol (Spanish). Jadi jika mau menguasai bahasa, kuasai 6 bahasa dunia ini dahulu. Terlebih seorang muslim, bahasa Arab harus nomor 1 baru 5 bahasa lainnya.

TOEFL dikelola secara tunggal dikelola oleh organisasi bernama ETS (Educational Testing Service).

Beberapa Jenis TOEFL

Setidaknya ada beberapa jenis TOEFL yang ada. Yakni :

1. Jenis ITP.
ITP (Institusional Testing Program) adalah tes yang bersifat lokal. Penggunaan adalah untuk syarat awal mengetahui kemampuan bahasa inggris seseorang. Contoh : Progaram Beasiswa Kementrian Keuangan yang membawahi LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk kategori Beasiswa Afirmasi mensyaratkan tes TOEFL jenis ini yakni cukup mendapatkan skor 450. Yang nantinya akan dibekali lagi untuk bisa mendapatkan skor yang lebih tinggi.

2. Jenis PBT
PBT (Paper Based Test) adalah tes yang berbasis kertas.  Tes ini berlaku secara internasional sebelum jenis iBT muncul yang akan dijelaskan dibawah.

3. Jenis iBT.
iBT (Internet Based Test) adalah jenis tes yang berbasis internet. Jenis TOEFL inilah yang berlaku secara internasional saat ini. Hasilnya berbentuk  skor bukan sertifikat yang bisa langsung dikirim ke tempat beasiswa/perusahaan tujuan. Pembayarannya menggunakan USD sekitar 180 sekali tes. Kita bisa melakukan tes secara langsung, namun bisa juga menggunakan jasa suatu institusi yang biayanya tentu sedikit lebih mahal untuk membayar jasa mereka dengan pembayaran Rupiah. Untuk di Kota Pekanbaru hanya ada satu tempat yang diakui yakni Balai/UPT Bahasa Universitas Riau. Tes dilakukan secara berkala.

Untuk bisa mengenal lebih jauh tentang Tes TOEFL iBT ini bisa mengunjungi link ini. Bagi yang mau mempersiapkan diri untuk tes ini bisa belajar dari e-book berikut ini dengan seri Quick Preparation. Bisa untuk langkah awal persiapan, gratis di dapat dari situs www.ets.org.

1. Quick Preparation volume 1 (PDF/2 MB/E-Book dan Transkrip Audio)
2. Quick Preparation volume 2 (PDF/2 MB/E-Book dan Transkrip Audio)
3. Quick Preparation volume 3 (PDF/24 MB/E-Book dan Audio langsung tertanam dalam E-Book, harus ada aplikasi Flash untuk memutarnya)
4. Quick Preparation volume 4 (PDF/18 MB/E-Book dan Audio langsung tertanam dalam E-Book, harus ada aplikasi Flash untuk memutarnya)Selamat belajar.

Semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Yendri, 8/7/13 – 14/10/38

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s