Cara Praktis Memulai dan Mengerjakan Skripsi


Cara Praktis Memulai dan Mengerjakan Skripsi

Alhamdulillah, saya sudah menyelesaikan S1 pada tanggal 21 Mei 2015, selang waktu 4 tahun 8 bulan sejak september 2010. Kali ini saya ingin berbagi tentang memulai dan mengerajkan skripsi.

1. Temukan Ide Penelitian
Hal pertama yang dilakukan adalah temukan ide skripsi. Poin-poin yang harus dipenuhi menurut saya adalah :

a. Ide yang sesuai minat dan bakat kita

Mengapa? karena agar cepat menyelesaikannya, tidak malas-malasan. Indikatornya kita bergairah ketika mengerjakannya. Jangan pilih ide yang kita tidak minat dan tidak bakat karena akan menyebabkan ditengah jalan malas dan tidak suka mengerjakannya.

b. Tidak perlu ide yang rumit dan besar

Kuncinya adalah, ada suatu masalah yang diselesaikan dengan penelitian kita. Jika mau penelitian yang komplek juga lebih bagus, tapi yakinkan kita sanggup berjuang sampai finish. Agar tidak ‘terkapar’ ditengah jalan.

c. Dapatkan ide dari penelitian sebelumnya

Cara termudahnya, baca sebanyak-banyaknya penelitian orang, lihat bagian akhirnya pada sesi “future research“. Disana ada ide penelitian kita yang sudah dituliskan oleh orang itu. Langkah ini tidak diperlukan jika kita sudah mendapat ide dari poin a dan b.

2. Setelah dapat ide yang tepat dan dirasa cukup, cari paper dan report peneliti orang lain yang berhubungan dengan ide kita. Kali ini lebih spesifik dari poin 1c. Baca sebanyak-banyaknya minmal 20 paper pada 5 tahun terakhir. Bisa cari di IEEE. Minta downloadkan dengan dosen yang punya akun atau download di situs lain. Kalau bisa yang terindeks Scopus atau diakui secara internasional. Ini berguna untuk membentuk kerangka pemahaman yang utuh tentang topik yang akan diteliti. Jika dirasa kurang bisa ditambah jumlah papernya.

3. Setelah menyelesaikan poin nomor 2, temuilah seorang dosen yang berbakat dalam topik penelitian kita, mintalah arahan darinya jika memungkinkan jadikan beliau pembimbing skripsi kita.

4. Selanjutnya ikuti arahan dari dosen dalam melakukan penelitian dan prosedur yang berlaku dari masing-masing kampus. Lakukan bimbingan dengan dosen sebanyak mungkin dan dalam skala waktu yang dekat misal 1×2 hari atau tiap hari. Jika idenya tidak sulit dan kita senang mengerjakannya, menurut perkiraan saya skripsi bisa selesai dalam 2-4 bulan. Saya sendiri mengerjakan skripsi dari Oktober 2014 sampai Mei 2015, mulai dari seminar proposal sampai sidang. Semoga bermanfaat.


Update isi artikel : 27 Sept 2015
By Yendri Ikhlas Fernando (@yendrifernando)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s