Cara Membuat Website WordPress


Saat ini rata-rata orang sudah mengetahui apa itu Website. Website semacam sebuah tampilan di internet sebagai digunakan untuk tujuan tertentu seperti berita, toko dan sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan cara memuat website menggunakan WordPress.

Apa itu WordPress?
Wordpress adalah sebuah Content Management System yakni sebuah website siap saji yang bisa diinstal/dipasang ketika hendak membuat sebuah website. Pihak pengguna tidak perlu lagi membuat website dari awal karena sudah dikerjakan oleh pihak Pengembang WordPress (wordpress.org).

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
1. Satu buah Domain
Domain adalah subuah alamat yang akan kita alamatkan pada bagian belakang nama website kita. Ada banyak sekali jenis domain diantaranya .com (dibaca : dot com), .net (dibca : dot net), .org (dot org) dan lainnya. Untuk negera indonesia punya domain tersendiri yang diwakili oleh id seperti .co.id (untuk perusahaan swasta), .ac.id (untuk perguruan tinggi), .go.id (untuk pemerintahan) dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya silahkan merujuk ke Pandi (Pandi.id) sebagai pengelola domain id di indonesia. Id adalah inisial untuk negara indonesia, setiap negara berbeda-beda, malaysia memiliki my, jepang memiliki jp dan lainnya. Untuk bisa membeli domain ada banyak sekali penyedianya baik di indonesia (pembayaran menggunakan Rupiah) maupun diluar negeri (pembayaran menggunakan Dollar). Bisa dicari di Google (kata kunci : Jasa Penyedia Domain dan Hosting). Namun pilihlah penyedia domain yang terpercaya dan punya banyak pelanggan.

2. Satu buah Hosting
Hosting adalah sebuah tempat kita menyimpan wordpress (website) kita di internet dengan menyewanya. Hosting ini nantinya akan dihubungkan dengan domain yang kita punya. Hosting sebenarnya adalah sebuah server yang berada diluar atau didalam negeri tergantung kebutuhan. Dan kita menyewa beberapa puluh atau ratusan MB untuk website kita. Hosting bisa dibeli secara bersamaan dengan Domain namun bisa juga terpisah. Masa aktif domain dan hosting minimal 1 tahun dan bisa diperpanjang.

Cara Memasang WordPress
1. Ketika kita sudah membeli Domain dan Hosting maka kita akan bisa login ke Domain dan Hosting dengan akun yang diberikan oleh pihak penyedia jasa.
2. WordPress bisa kita pasang dengan mengunduh paket WordPress yang kita punya di WordPress.org atau dengan memanfaatkan fitur instalasi wordpress di halaman yang disebut dengan CPanel pada Hosting kita.
3. Lakukan pengaturan seperlunya seputar nama dan password basisdata, nama pengguna dan hal-hal yang diperlukan. Jika kesulitan minta bantulah dengan pihak penyedia hosting dengan menghubungi via chat.
4. Ketika sudah selesai, sampai langkah ini website berbasis worpress sudah bisa digunakan. Kita sudah bisa mengganti tema, plugin (aplikasi tambahan wordpress) sesuai keinginan kita. Selengkapnya bisa dilihat di wordpress.org dan di website lain. Selanjutnya kita sudah bisa memasang postingan pada website kita. Selesai.

Demikianlah cara membuat website menggunakan wordpress. Semoga bermanfaat.


Update isi artikel : 1 Sept 2015
By Yendri Ikhlas Fernando (@yendrifernando)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s