2 Cara Promosi di Internet


Internet mempunyai banyak manfaat. Salah satunya digunakan untuk promosi usaha, perusahaan, pribadi, sekolah, dakwah dan lain-lain. Mengingat pengguna internet seluruh dunia sudah mencapai milyaran dan setiap hari terus meningkat, ditambah lagi akses internet begitu mudah saat sekarang ini yakni dengan ponsel pintar (smartphone) dan modem membuat peluang begitu besar dalam melakukan promosi. Berikut ini adalah 2 cara yang bisa dilakukan untuk yang baru memulai promosi di internet.

1. Melalui Sosial Media

Sosial media bagi sebagian orang sudah menjadi kebutuhan. Banyak orang yang tiada hari tanpa membuka dan membaca akun sosial media milik mereka. Beberapa sosial media yang sering digunakan adalah Facebook (www.facebook.com) dengan cara membuat Fanpage, Twitter (www.twitter.com), Instagram (www.Instagram.com) dan termasuk YouTube (www.youtube.com). Pernah dengar beberapa orang mendadak jadi terkenal karena unggahan videonya di Youtube? Gunakan Youtube sebagai media promosi yang tepat tentu saja promosi yang positif.

2. Melalui Blog dan Website

Blog dan Website juga dinilai cukup ampuh dalam promosi di internet. Blog bisa dibuat secara gratis di Blogger (www.blogger.com) dan WordPress (www.Wordpress.com) setidaknya 2 sejoli ini yang sering digunakan. Jika ingin tampil lebih berkesan buatlah website atau blog yang berbayar. Beli domain .com atau .co.id atau .org (untuk organisasi) sesuai kebutuhan. Selanjutnya beli hosting (ruang penyimpanan di internet). Isilah website atau blog ini dengan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat sesuai dengan topik yang ingin dikembangkan. (Note : Website dan blog secara umum bisa dikatakan sama dilihat dari fungsinya menyajikan informasi secara onlline kepada pengguna internet).

Tips bagi yang baru mulai, cukup dengan 1 teknik dan fokus mengembangkannya. Contoh : saya ingin memulai usaha Penjualan Aksesoris komputer. Jika saya ingin berpromosi di Facebook maka buatlah sebuah Fanpage. Undang teman-teman untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya. Buat postingan bergambar yang bermanfaat yang orang lain mau untuk like, share, dan comment. Cukup kembangkan di Facebook dan baru berpindah ke teknik yang lain kalau promosi di Facebook sudah dinilai maksimal dan menghasilkan. Demikianlah 2 cara singkat promosi di internet. Semoga bermanfaat.

By Yendri Ikhlas Fernando (@yendrifernando)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s