7 Kalimat Penyelamat

al-quran

Ada suatu bekal yang insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wa bil khusus (khususnya) bagi saya yang menyampaikan. Ada 7 Kalimat Penyelamat. Jika seandainya kalimat-kalimat ini kita baca, kita amalkan, akan membuat kita mulia di sisi Allah, di mata para malaikat. Dan insya Allah sebesar apapun dosa-dosa kita maka akan diampuni oleh Allah.

7 Kalimat Penyelamat ini bukan kita tidak tahu. Insya Allah kita mengetahui semuanya. Bahkan dari anak kecil sampai tua renta insya Allah mengetahuinya. Namun, seringkali lupa untuk dibaca.

Jadi para hadirin yang dirahmati oleh Allah. 7 Kalimat Penyelamat ini apa saja?

Yang Pertama, ketika hendak memulai sesuatu, mari kita dahulukan dengan membaca BASMALAH. Sesuatu yang didahului dengan kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim. Berarti kita bersandar kepada kekuasaan Allah. Kita bersandar kepada ke Maha Besaran Allah. Dan kita bertawakkal kepada rahman dan rahim yang Allah miliki. Mau berbuat yang haram, malu dong, kan sudah bismillah kan.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah.

Yang Kedua, ketika kita selesai melakukan sesuatu, ketika kita baru saja mendapatkan suatu nikmat yang halal. Ingat nikmat yang halal, maka senantiasa mengucapkan HAMDALAH. Alhamdulillahirabbil’aalamiin. Kalau ini diucapkan, ini menjadi sutu cermin bahwa kita manusia ini suka bersyukur. Orang yang suka bersyukur, jalan luas, dunia terasa luas. Tapi, orang yang jauh dari sifat-sifat syukur, seluas apapun bumi ini, terasa sempit. Kalau orang gak suka bersyukur, hati menjadi tidak enak, dan degup jantung jadi terlalu kencang. Jadi sering sakit. Jadi kalau mau sehat, sering-sering bersyukur.

Yang Ketiga. Kalau kita ingin berjanji, kalimat INSYA ALLAH, jauh lebih baik untuk diucapkan terlebih dahulu. Sekarang ini kalimat Insya Allah, sering kali tidak bisa dipercaya. Karena apa, karena kita yang mempermainkan. Cth : “Nanti malam datang pengajian ya?”. “Insya Allah”. Lalu dia bisik-bisik sama temannya. “Dia pasti tidak datang tu. Dia cuma bilang Insya Allah”. Kita sering bermain-main dengan kalimat Insya Allah. Naudzubillahi min dzalik (kita berlindung kepada Allah dari sifat ini).

Yang Keempat. Ketika kita melakukan kekeliruan. Ayo cepat-cepat baca ISTIGHFAR. Astaghfirullaahal ‘Adzhiim. Ini cerminan manusia pandai. Jadi orang pintar, ketika melakukan kesalahan, baca istighfar. Ketika kita bermaksiat, sama artinya kita mendzalimi diri sendiri. Mendzalimi apa yang baik yang sudah di amanahkan Allah kepada kita. Maka yang pantas diucapkan ketika berbuat dosa adalah Astaghfirullahal ‘Adzhiim.

Yang Kelima. Ketika kita menghadapi suatu kesulitan, baca HAWLAQOH. La hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adzhim (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung). Tidak ada kekuatan apapun kecuali yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Yang Keenam. Ketika kita menghadapi suatu musibah, maka bacalah ISTIRJA’. Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun. (Sesungguhnya semuanya berasal dari Allah dan sungguh akan kembali kepada Allah). Jika kita sering membaca kalimat ISTIRJA’ maka ini mengajarkan kepada kita untuk berbuat ikhlas. Artinya, ketika kita diambil sesuatu yang dimiliki oleh Allah, kita harus yakin bahwa ini memang datang dari Allah. Atau kalau memang sesuatu diberikan kepada kita, sifatnya kan sementara. Kita misalnya, bisa jadi kita tidak siap ketika orangtua kita dipanggil oleh Allah, namun jika kita sering membaca, Innalillah, semuanya datang dari Allah, dan akan kembali kepada Allah, maka kita akan menyerahkan urusan ini kepada Allah.

Dan yang terakhir para hadirin.

Banyak-banyaklah berzikir dengan kalaimat THOYYIBAH. Apa makna zikir?, mengingat Allah. Dan sebaik-baik kalimat zikir adalah, Laa ilaaha illallah (Tidak tuhan selain Allah).

Itulah 7 Kalimat Penyelamat. Subhanallah (Maha Suci Allah). Yang sering kali dianggap remeh, yang sering kali dianggap sepele. Tapi ternyata punya nilai yang begitu dahsyat. Allahuakbar. Gampang untuk diingat kan? Tapi suka lupa untuk diucapkan. Tapi insya Allah ini akan menjadi pengingat bagi kita semua. Amiin, ya Rabbal ‘Aalamiin.

Disarikan dari Ceramah Singkat Uje : 7 Kalimat Penyelamat by @yendrifernando
Link Gambar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s