Belajar Istiqomah


Bismillah. Istiqomah bisa diartikan teguh pendirian. Asal katanya ‘qoma’ yang artinya berdiri. Lebih lanjut istiqomah bisa dipahami teguh pendirian dalam ketaatan kepada perintah Allah.

Bisa kita belajar istiqomah dari sebuah air. Walaupun cuma setetes, namun ketika air itu menetes tanpa henti dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan bisa juga membuat tempat tetesnya membekas. Walaupun itu batu yang sangat keras.

Begitu juga dalam hal menjalankan suatu amalan, walaupun amal itu terhitung ringan, namun ketika dikerjakan terus menerus, maka akan didapatkan hasil yang besar. Apakah dampaknya terhadap pribadi pelakunya maupun orang lain disekitarnya.

Karena usaha dalam menjaga proses amalan tersebut, justru itu sangat penting. Dibutuhkan motovasi dan dorongan yang kuat untuk tetap mengerjakannya. Dibutuhkan disiplin yang tinggi untuk tetap berjalan diatasnya, dibutuhkan kesabaran yang besar untuk terus-menerus mengerjakannya. Hal ini juga akan membuat diri pelaku semakin terasah kemampuannya ketika bisa menaklukkan ujian-ujian dalam menapaki jalan keistiqomahan.

Hal yang serupa juga berlaku untuk sebuah tujuan atau impian yang ingin diraih oleh seseorang. Kesabaran, kedisiplinan dan motivasi sangat dibutahkan ketika sedang meraih impian. Karena hasil yang besar didapatkan dari usaha yang besar pula.[yif]

twitter/IG : @yendrifernando

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s