Kekuatan Umat Islam


Beberapa waktu lalu umat islam islam menunjukkan persatuan dan kekuatannya dalam suatu aksi super damai yang dikenal dengan Aksi Bela Islam III. Banyak makna dari aksi ini salahsatunya adalah umat islam bisa bersatu walaupun berbeda organisasi dan kelompok karena mengedepankan persatuan islam dan berlapang dada terhadap perbedaan furu’iyah.

Khusus di Pekanbaru, untuk menjaga semangat ini maka dicanangkanlah Gerakan Shubuh Berjamaah yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Riau khususnya Komisi Ukhuwah. Beberapa kali sudah dilakukan gerakan ini seperti di Masjid Ar Rahman Jln. Sudirman, Masjid Babul Iman Jln, Purwodadi (Panam) dan pagi ini di Masjid Al Falah Darul Muttaqin Jln. Sumatera.

Terkhusus pagi ini Ahad (26/12) 26 Rabiul Awal, taushiyah disampaikan oleh Al Ustadz H. Abdul Somad, Lc, MA. Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan 3 (tiga) kesepakatan para ulama dan tokoh riau, alumni aksi 212 di pekanbaru dalam rangka menjaga semangat 212 yang disepakati dalam apa yang beliau sebut Sildat (Silaturahmi Darat) yaitu sebagai berikut :

  1. Menjaga semangat 212 dengan Gerakan Subuh Berjamah dan meningkatkan ekonomi umat berbasis masjid;
  2. Menyatukan ormas-ormas islam;
  3. Merangkul ulama;

Terakhir, pada acara ini dikenalkan olahraga memanah dan berkuda di halaman Masjid sebagai implementasi Surat Al-Anfal ayat  60 ketika Allah Subhanahuwata’ala memerintahkan untuk mempersiapkan kekuatan yang mampu kita persiapkan untuk suatu saat nanti. Meminjam istilah Al Ustadz Dr. Musthafa Umar, Lc, MA dalam pengantarnya dalam taushiyah pagi ini “i’dad al quwwah al yaum hajah” (mempersiapkan kekuatan untuk keperluan suatu hari).

Terakhir Al Astadz H. Abdul Somad, Lc, MA mengatakan “jaga persatuan”, akhir beliau dalam taushiyahnya. Allahuakbar!

Akhukum, Yendri Ikhlas Fernando (@YendriFernando)
Pekanbaru, Ahad, 26 Des 2016 / 26 Rabiul Awal 1438

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s