Hidup untuk Makan, Makan untuk Hidup


Kalimat ini sederhana. Simpel. Tapi mempunyai arti yang sangat dalam. Pilihan terhadap kalimat itu bisa merubah pandangan seseorang dan pada akhirnya menentukan pilihan hidup dan aktifitasnya.

Kalimat ini sebenarnya saya kutip dari sahabat saya Akhi Marizal, S.Si, M.Sc seorang aktivis dakwah kampus yang juga seorang dosen ketika memberikan pemaparan materi tentang hakikat kehidupan dalam acara Open Recruitment Jilid II Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Karamah UIN Suska Riau (www.ldk.uin-suska.ac.id) di Gedung Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau di Pekanbaru pada hari Ahad tanggal 18 Desember 2016 / 18 Rabiul Awal 1438.

Kembali ke judul diatas. Ketika pilihan jatuh pada potongan kalimat pertama “Hidup untuk Makan” maka seolah-olah aktivitas kita di dunia ini hanya dibatasi dengan kata “makan”. Seakan hidup ini tidak ada tujuan lain selain “makan”. Namun, ketika pilihan kita pada padanan kata yang kedua “Makan untuk Hidup” maka aktivitas “makan” diperlukan untuk “hidup”. Sehingga ini membutuhkan penjelasan lebih lanjut, kalau “makan” untuk “hidup” lalu “hidup” untuk apa?

Nah, hal inilah yang ingin disampaikan oleh saudara saya tersebut kepada audience nya tentang tujuan atau hakikat kehidupan ini. Beliau lalu menjelaskan bahwa tujuan kehidupan ini adalah untuk beribadah kepada Allah Subhanahuwata’ala yang terangkai dalam suatu firman indah Allah dalam Surat Adz Dzariyat [51]: Ayat 56 yang artinya “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (Terjemahan Depag)*. Beliau lalu melanjutkan bahwa ibadah tidak terbatas kepada ibadah mahdhoh, namun juga ghairu mahdhoh. “Segala sesuatu yang diniatkan karena Allah itu ibadah, tambah beliau“.

Sekitar puluhan mahasiswa hadir dalam kegiatan ini. Walaupun cuma sedikit, tapi ini adalah usaha dalam dakwah islam.

Akhukum, Yendri Ikhlas Fernando (@yendrifernando)
26 Desember 2016 / 26 Rabiul Awal 1438
Pekanbaru

*File PDF Al Quran Terjemah Depag v2.1 2 (didalamnya tertulis rujukan DEPAG RI, Penerbit CV. TOHA PUTRA Semarang Edisi Baru Revisi Terjemah 1989)

Advertisements

One thought on “Hidup untuk Makan, Makan untuk Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s