Taubat


Bismillah, Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad

Taubat. Suatu jalan yang dibuka lebar oleh Allah pada siapapun yang beriman. Selagi nyawa dikandung badan jalan itu masih terbuka. Tidak ada kasih sayang yang lebih hebat daripada ini. Sebesar apapun dosa kita ampunan Allah lebih besar lagi. Jadi, siapapun yang mau menempuh jalan ini, jangan lagi ada keraguan.

Bersegara Kepada Ampunan Allah
Kita diperintahkan untuk bersegera menuju ampunan Allah dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Jangan menunda-nunda jika ada kesempatan untuk berbuat baik apalagi bertaubat. Perlu kita ketahui semua manusia berdosa, namun kata Rasulullah sebaik-baik yang berdosa itu adalah yang bertaubat.

Teori Relativitas Waktu Akhirat
Kalau kita di dunia ilmiah mengenal Teori Relativitas Waktu, dalam islam ternyata juga ada teori relativitas waktu yakni waktu akhirat. Jika dikaitkan dengan surat Al-Ma’arij ayat 4 satu hari akhirat berbanding 50.000 tahun dunia. Jadi, jika umur kita 70 tahun, maka itu cuma 2 menit 1 detik dibanding 1 hari akhirat. Dalam riwayat lain perbandingannya 1:1000. Maka, kita tahu dalam Al-Qur’an Allah menggunakan kata-kata “di waktu sore” atau “diwaktu pagi” untuk menunjukkan lamanya hidup kita di dunia. Itu menunjukkan sebentarnya hidup kita di dunia ini.

Jadi, jangan menunda-nunda taubat. Karena waktu sebentar di dunia ini akan menentukan “selama-lamanya” diakhirat. Berapa lama “selama-lamanya”?. Tidak 100 tahun, 1000 tahun, 100.000 tahun, 1.000.000 tahun, 1 milyar tahun karena itu masih bisa dihitung. “Selama-lamanya” itu “khoolidina fiha abada” yakni “kekal abadi selama-lamanya”.

Jadi, yuk mari kita mempersiapkan diri untuk hari esok yang kekal abadi dengan memperbanyak bertaubat kepada Sang Maha Penerima Taubat. Wallahu A’lam Bish Showwaab.[]

Jum’at, 1 Dzulqa’dah 1437 H / 5 Agustus 2016

Pekanbaru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s