Bangun ‘Brand’ Diri Lewat Social Media


Mengutip istilahnya Jamil Azzaini, beliau berkata kita hidup di era teknologi informasi yang mana di zaman ini kita hidup di dua dunia sekaligus. Dunia Nyata dan Dunia Maya. Oleh karena itu, untuk bisa memberikan kontribusi kebaikan terbaik , kita harus bertahan di dua dunia ini. Jika cuma salah satu saja, kita bisa tergilas zaman. Seseorang yang hebat didunia nyata, tapi ketenarannya  tidak bisa diketahui oleh Google belum bisa kita bilang hebat. Hebatnya, kita ‘dipaksa’ untuk bisa hidup di dua dunia dalam waktu yang sama sekaligus.

Berbisara tentang dunia maya, salah satu kata yang langsung kita ingat adalah social media. Anda punnya social media?. Sudah tentu anda punya. Jika tidak, anda harus ‘bertaubat’?. Hehe. Apa pentingnya social media? Bagaimana kekuatannya? Lalu, apakah kekuatannya bisa kita manfaatkan untuk membangun ‘brand’ diri? Hal inilah yang coba kita bahas. Berikut ini yang harus kita lalui :

1. Tentukan Pembeda Abadi:

Langkah pertama yang pertama harus kita lakukan adalah temukan Pembeda Abadi. Pembeda Abadi adalah identitas kita yang akan dikenal oleh orang lain. Dan kita harus memastikan hanya kitalah satu-satunya di dunia ini yang memilikinya. Hal in bisa berawal  dari keahlian anda. Coba pikirkan sesuatu keahlian yang sudah bertahun-tahun anda lakukan baik sadar atau tidak yang anda lakukan dengan bergembira, penuh kerelaan dan bersemangat. Keahlian apapun itu. Bisa dari kemampuan yang didapat dibangku kuliah atau yang lainnya. Bisa jadi hal itu menjadi siapa anda beberapa waktu yang akan datang. Jangan cari yang baru atau yang tidak ada pada diri anda. Carilah sesuatu yang memang anda sebenarnya sudah melakukannya dan mengasahnya jauh sebelum anda membaca tulisan ini.

2. Jadilah Playboy Internet

Jurus yang sebenarnya ada disini, jika kita ingin membangun ‘brand’ pribadi di dunia maya, kita harus mempunyai akun ‘social media’ sebanyak mungkin atau untuk pemula disarankan 5 akun dulu diawal. Kemudian aktiflah dalam akun-akun tersebut. Ingat, selalu buat dalam settingan profil ‘brand’ diri kita. Cukup satu identitas. Jangan beragam. Kita ingin memastikan orang akan selalu ingat siapa kita. Sebagai contoh saya pribadi sebagi berikut. Saya ingin memposisikan diri sebagai Internet Business Master (IBM) maka pada setiap akun saya selalu saya tuliskan seperti berikut:

Name              : Yendri Fernando IBM
Username    : @yendrifernando
About             : Internet Business Master | Pakar Bisnis Internet Syariah
Call                  : 0852 6497 5868
Web/Blog     : yendrifernando.wordpress.com

Begitulah. Setidaknya saya sudah membangun brand diri lebih dari 5 ‘social media’ dan akan terus saya tingkatkan. Kemanapun saya pergi didunia maya, saya selalu membawa brand tersebut. Dengan Visi-On pada tahun 2030 gelar tersebut benar-benar tersemat pada diri saya. Mulailah dari sekarang. Suatu saat seseorang akan mengetikkan nama kita di Google. Lalu apa yang mereka akan ketahui tentang diri kita? Apakah nama kita akan tampil? Atau tidak sama sekali? Sekali lagi saya sampaikan. Sekarang era teknologi informasi. Kita harus hidup di dua dunia dalam waktu yang sama. Jika tidak, kita bisa tergilas dunia, karena dunia selalu berubah. Walau kita tidak berubah, dunia akan tetap selalu berubah dan meninggalkan kita. Hal penting lainnya adalah, pantaskan diri agar ‘brand’ kita bagun benar-benar pantas bagi kita dan kita benar-benar ahli dalam ‘brand’ tersebut. Bagaimana? Anda siap? Sudah menentukan anda ingin dikenal seperti apa kelak? Acti-On! Semoga menginspirasi J

@yendrifernando

Follow twitter saya untuk mendapatkan tweet mengenai bisnis internet, personal branding lewat ‘social media’ dan tweet2 lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s