Yahoo! Cabut dari Korea Selatan


Tak selamanya raksasa internet dunia sukses mendominasi pasar lokal dinegara lain. Terbukti, raksasa asal Amerika Serikat Yahoo!, memutuskan keluar dari Korea Selatan setelah menyerah karena gagal bersaing melawan situs internet lokal disana.

Yahoo! resmi menghentikan layanan berbahasa korea selatan sejak Senin, 31 Desember 2012, setelah 15 tahun terakhir hadir disana. Penghentian ini diumumkan Yahoo! Secara terbuka di situs resminya.

Rencana ini sebelumnya diungkap pada bulan Oktober lalu, saat pejabat eksekutif Marissa Mayer mengumumkan pihaknya akan lebih fokus untuk menguatkan pasar.

“Keputusan ini merupakan bagian dari upaya Yahoo! untuk lebih fokus pada sumber daya untuk meningkatkan bisnis global yang lebih kuat.”, katanya.

Penghentian layanan bahasa Korea Selatan keluar disaat perusahaan asal AS ini mencoba untuk bersaing dengan Google dan Facebook yang sukses meraup banyak pengguna di internet dan sektor internet bergerak.

Di pasar lokal Korea, Yahoo!  juga kalah bersaing dengan operator lokal seperti NHN Corp dan Daum Communications, namun Yahoo! pernah mendominasi pasar lokal di segmen mesin pencari. Kini, sampai saat perusahaan ini dicabut dari sana, pangsa pasarnya tinggal kurang  dari 1 persen.

Yahoo! juga sudah keluar dari daftar 10 situs terbesar yang dikunjungi di Korea Selatan. (Tribun Pekanbaru)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s