Tren Teknologi 2012


Saat ini sangat penting untuk membahas perkembangan teknologi yang terjadi dewasa ini termasuk tren-tren yang muncul ke permukaan. Karena teknologi sudah merupakan bagian penting dalam sisi kehidupan manusia. Teknologi bukan lagi sebuah gaya hidup, namun sebuah kebutuhan. Teknologi berkembang pesat. Sadar atau tidaknya kita. Dari masa ke masa teknologi megalami kemajuan yang drastis. Kemajuan ini mendatangkan tren sendiri-sendiri.

Fujitsu Indonesia dalam sebuah riset tentang tren teknologi pada tahun 2012mendapatkan 12 tren yang akan mengubah wajah teknologi masa sekarang, 3 yang terpenting diantaranya adalah Cloud Computing, Mobile dan Social Network. Achmad Sofwan  sebagai Presiden Direktur Fujitsu Indonesia berkata, “Teknologi mobile, layanan Cloud, dan media sosial akan mendatangkan perubahan. Tren-tren itu akan mengubah cara bisnis masyarakat.” Namun ternyata yang paling menjadi tren dunia saat sekarang ini adalah bisnis online yang pemasarannya banyak menggunakan social networking, mobile, dan teknologi cloud computing. Berikut ini sejumlah data yang menguatkan argumen tersebut.

Data Subjektif

– Arnold Sebastian Egg pendiri Tokobagus.com pada 8 Februari 2012 mengatakanjumlah pengunjung toko online mencapai 10 juta pengunjung per minggu, angka pengunjung ini masih jauh lebih banyak dibanding dengan jumlah pengunjung 14 mal besar di Jakarta yang rata-rata cuma dikunjungi 35 ribu pengunjung setiap harinya. Dan menurutnya ke depan, Indonesia akan menjadi salah satu pusat bisnis dunia, terutama bisnis online, khususnya e-commerce.

– Zhar Hasyim Direktur E-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menuturkan, potensi pasar bisnis e-commerce tahun ini bisa mencapai Rp 330 triliun sehingga cukup potensial. Diperkirakan baru berkisar Rp 30 triliun. [Sumber]

– Pengamat e-commerce Purjono Agus Suhendro mengatakan tumbuhnya bisnis ini di Tanah Air tidak lepas dari terus meningkatnya pengguna internet dan mobile data. Berdasarkan data Frost and Sullivan, tahun lalu di Indonesia terdapat 67 juta pengguna yang terkoneksi dengan mobile data dan jumlahnya bisa meningkat menjadi 167 juta pada 2016.

Data Objektif

– Transaksi online Indonesia mencapai USD 4,1 Miliar atau 20,5 % lebih tinggi dari tahun ke tahun (year on year). Berdasarkan data, penetrasi pengguna internet Indonesia mencapai 29,7 dalam periode 2010-2015.[Sumber]

– Indonesia merupakan pecandu twiiter teraktif di dunia yang percepatannya mencapai 20,8 % Berdasarkan data 2010 Indonesia menduduki peringkat No. 1 membawahi Brazil dan Venezuela. Hal ini didukung perangkat mobile yang kerap digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa lumrah bagi masyarakat Indonesia.[3] Sehingga hal ini membawa Indonesia menjadi pengguna twitter No.1 terbanyak di Asia Tenggara membawahi Jepang dan India dengan total pengguna 5.616.000.

– Indonesia menjadi negara pengguna Facebook terbesar ke 4 di dunia dibawah Amerika Serikat, Brazil, dan India dengan total 47.512.420 akun atau 19,55% dari penduduk Indonesia.

Berbagai fenomena tersebut mengubah pemahaman masyarakat dalam berbisnis menggunakan internet. Kemajuan teknologi mengubah persepsi masyarakat bagaimana mengelola suatu bisnis, memasarkan, membeli atau menjual kembali barang dagangannya atau yang sejenis dengan itu. Salah satunya dengan memanfaatkan social networking sebagai toko.

Diantara kemajuan teknologi yang banyak membantu manusia adalah internet. Dengan internet, kita berpeluang besar untuk meningkatkan kapasitas perdagangan maupun keuntungan yang didapat. Perdagangan kita bisa disebarluaskan kepada semua orang yang terhubung ke internet. Data terbaru pengguna internet sudah mencapai 32,7 %  dari penduduk dunia yaitu lebih 2,267 Miliar naik 528,1 % dari data tahun 2000 yang hanya berkiar 360 juta penguna.[Sumber]

Nah, kita sekarang ini berpeluang besar untul dapat menjadi pelaku bisnis sukses dengan semua kemuadahan yang ada.

Materi ini saya sampaikan dalam sebuah paper perlombaan Informatics Award 2012 yang diadakan Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Alhamdulillah saya keluar menjadi 1 dari 15 orang yang dapat tiket berkunjung ke Ilmu Komputer IPB Bogor pada 19 November mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s